My digital Portofolio: Resume Materi 2 PKKMB (Mahasiswa bebas narkoba untuk mendukung Generasi Rahmatan lil alamin UNUSA)

Moderator    : Yauwan Tobbing Lukiyono, S.St., M.T

Pemateri       : Sari Artanti Mariyani, S.OS  dari Badan Nrkotika Nasional Prov Jatim 


Presiden Republik Indonesia mengatakan bahwa pada saat ini indonesia sedan dalam sitiasi darurat narkoba. Salah satu faktornya yang menyebabkan Indonesia dalam situasi darurat narkoba adalah karena Indonesia memiliki letak wilayah yang staretis atau bisa di bilang Indonesia memiliki letak geografis yang terbuka. Sehingga memungkinkan bahwa penyelundupan narkoba bisa di lakukan melalui lintas kapaal laut, karena penjagaan keamanan di sana bisa di katakan kurang ketat dalam mencegah penyelundupan barang terlarang. 

Bu Sari mengatakan bahwa selain penjagaan yang kurang ketat, pengedar nya juga memiliki caranya tersendiri untuk mengajak menyalah gunakan obat terlarang. Yaitu mereka menggunakan atau mengajak anak-anak untuk menggunakan narkotika. Sistem penegakan hukum yang belum memberikan aefek jera juga menjadi salah satu faktor menggapa peredaran narkoba di indonesia menjadi meninggkatnya peredaran narkoba di tanah air. Beliau juga menyebutkan modus oprasi para pengedar yang berfariasi membuat sindikat penangkapan narkoba di Indonesia belum berkurang.

prefelensi meninggkatnya penyalahguna narkoba meninggat pada tahun 2022 menjadi 1,95% di Indonesia. Golongan narkotika di bedakan menjadi golongan 1, golongan 2, dan golongan 3. 
Tahap orang menggunakan narkoba adalah dari coba-coba, sosial, dan stressional.
Untuk menghindari penyalah gunaan narkoba dari keadaan stressional, kita harus bisa menggontrol emosi atau stress. Menggontrol ketahanan diri atau mencoba menghibur diri agar terhimdar dari stress, seperti bersosisalisasi, healing atau liburan, melakukan sesuatu hal yang di suka dan lain-lain. 




 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Libur Ramadhan

Kesempatan sertifikasi mahasiswa

Resume Materi 1 PKKMB Fakultas Kesehatan