Sejarah Singkat Dari Kampungku


 

Mumpung sedang ada liburan pembelajaran dari Universitas Nahdatul Ulama Surabaya (UNUSA) tempat saya menempuh pendidikan lanjutan, mari mengulik sejarah singkat dari pembentukan kampung tempat tinggal ku.

Kampungku adalah sebuah desa kecil yang terletak di kabupaten tanah bumbu di provinsi kalimantan selatan. Orang-orang desaku sebagian besar terdiri dari imigran yang dahulu ikut program transmigrasi pemerintah.

Dahulu desaku masih menjadi satu dengan desa tetangga yaitu desa Sari Mulya. Namun pada tahun 2011 di pecah menjadi 2 desa. Damar Indah itulah penamaan nama desaku setelah di pecah dengan desa Sari Mulya. Nama Damar Indah sendiri di pilih karena menurut penuturan salah satu tetua desa yang ikut dalam rapat pembentukan desa baru dahulu saat desa ku masih menjadi hutan dan tidak terdapat penduduk nya, banyak sekali pohon-pohon yang tumbuh dan disebut penduduk sini dengan Pohon Damar .

Pohon Damar tersebut banyak dan besar-besar, phon tersebut nenyebar dari ujung ke ujung desa. Setelah terdapat program transmigrasi dan pemerataan penduduk oleh pemerintah, pohon-pohon Damar tersebut di tebang untuk pembuatan hunian dan ladang. Tapi tenang saja pohon-pohon tersebut tidak semuanya habis dan sampai sekarang masih ada dan masih bertebaran, namun jika ingin mencarinya harus masuk ke bagian dalam ladang. Karena letak nya di dalam ladang agak susah untuk melihatnya karena jalan yang di lalui masih berupa jalan setapak. Juga karena letaknya di dalam ladang yang notabene nya masih terdapat hutan tentunya sangat berbahaya jika sendirian ke sana kecuali orang profesional. Kenapa berbahaya, ya karena masih terdapat banyak hewan-hewan liar seperti beruang yang masih sering datang, anjing, monyet liar, ular dan hewan hutan lain yang masih ada.

Dan itulah sejarah singkat mengapa desa ku bernama desa Damar Indah sekian dan terimakasih.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Libur Ramadhan

Kesempatan sertifikasi mahasiswa

Resume Materi 1 PKKMB Fakultas Kesehatan